Saturday, March 21, 2015

Layanan Digital XL Incar Bisnis UKM

// // Leave a Comment
JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata sedang gencar memperluas bisnisnya dengan menawarkan layanan digital di tahun 2014 ini. Perusahaan telekomunikasi tersebut kini mengincar segmen usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak di industri kreatif untuk menggunakan layanan digitalnya.

Saat ini layanan digital XL menawarkan layanan iklan digital di perangkat mobile (M-Ads),machine-to-machine (M2M), dan komputasi awan (XCloud).

Direktur Digital Services XL, Dian Siswarini mengatakan, pihaknya berusaha memberi dukungan kepada industri kreatif yang dilakoni UKM, karena industri tersebut dinilai mengalami pertumbuhan signifikan.

"Dari mereka kita berharap ada pertumbuhan industri lokal yang signifikan di tahun-tahun ke depan sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi nasional, sekaligus memperkuat daya saing industri lokal dari gempuran produk luar negeri,” kata Dian.

Hingga saat ini bisnis M2M dari XL diklaim mengalami perkembangan yang signifikan, jumlah koneksinya mencapai 442.000 koneksi. EDC (Electronic Data Capture) tetap mendominasi koneksi M2M di XL lalu disusul oleh pengguna AMR (Automated Meter Reading). 

Sementara untuk layanan M-Ads, XL mengklaim kini sudah ada sekitar 500 UKM yang memanfaatkan layanan tersebut. Di tahun 2014, perusahaan berharap M-Ads dapat digunakan oleh lebih dari 1.500 UKM dari sektor industri kreatif.

M-Ads dari XL ini menyediakan layanan berbasis lokasi yang dapat melacak keberadaan pelanggan XL dan bersifat sangat lokal. Promosi berbasis lokasi ini dilakukan dengan memanfaatkan jalur SMS dan MMS sebagai media penyampaiannya.

Tim M-Ads ini tidak hanya berlokasi di Jabodetabek dan Banten saja. XL telah memperbanyak sumber daya karyawan dalam tim layanan digital di lima wilayah regional, yang meliputi Sumatera dan kepulauan, Jawa Barat-Jawa Tengah-DIY, Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara, serta Kalimantan-Sulawesi-dan Kawasan Timur Indonesia.

0 comments:

Post a Comment