Tuesday, March 31, 2015

Mobile Broadband di Indonesia Baru 3,5 Persen

// // Leave a Comment
KOMPAS.com - Perusahaan layanan cloud, Akamai Technologies Inc, telah merilis laporan berkalanya tentang kondisi internet di berbagai negara. Menurut laporan tersebut, kecepatan internet mobile di Indonesia adalah 2 Mbps.

Dalam penelitiannya tentang internet mobile, Akamai mensurvey sekitar 56 negara di dunia. Indonesia sendiri pada kuartal I 2014 disebut memiliki kecepatan internet mobile rata-rata 2 Mbps. Kecepatan internet mobile tertinggi di Indonesia selama periode tersebut tercatat 10,8 Mbps.

Akamai juga menyertakan statistik adopsi internet mobile broadband (kecepatan internet mobile di atas 4 Mbps) di negara-negara tersebut. Dan ternyata, tingkat adopsi broadband mobile di Indonesia baru sekitar 3,5 persen.

Artinya, dari seluruh pengguna internet mobile di Indonesia (sekitar 61,2 juta, data Emarketer per Maret 2013), baru 3,5 persennya yang memiliki kecepatan di atas 4 Mbps.
Dibandingkan dengan negara lain, Korea Selatan menjadi pemimpin di kawasan Asia. 

Korea Selatan menurut Akamai memiliki kecepatan rata-rata internet mobile sebesar 14,7 Mbps, dengan tingkat penetrasi mobile broadband mencapai 78 persen.

Korea Selatan juga menjadi satu-satunya negara yang memiliki kecepatan rata-rata internet mobile di atas 10 Mbps saat ini.

Vietnam menjadi negara di Asia dengan kecepatan rata-rata internet mobile paling rendah, yaitu 1,1 Mbps dan penetrasi broadband 0,1 persen.

Seperti tahun lalu, Akamai juga menyertakan laporan perkembangan lalu-lintas data mobile yang dilakukan oleh Ericsson.

Dalam penelitian di 180 negara dan 1.000 jaringan seluler, menunjukkan bahwa lalu-lintas data tumbuh pesat sementara suara cenderung stagnan. Menurut Ericsson, volume lalu-lintas data mobile tumbuh 15 persen, kuartal demi kuartal.
Laporan lengkap tentang kondisi internet yang dibuat oleh Akamai bisa dibaca dengan mengunjungi tautan berikut ini.

0 comments:

Post a Comment