Friday, March 13, 2015

Oli Mesin Bocor, Honda "Recall" 500 Series

// // Leave a Comment
Los Angeles, KompasOtomotif – Honda Amerika me-recall 6.954 unit CBR500R series, termasuk CB500F (naked) dan CB500X (semifairing). Penyebabnya kebocoran oli dari mesin yang dikhawatirkan berdampak negatif terhadap performa dan keamanan pengendara.

Berdasarkan dokumen yang dirilis NHTSA, permasalahan terletak pada baut di poros rocker arm. Bagian ini sudah diberi pelapis yang berfungsi lebih mengeratkan penempelan baut dengan ulir. Namun baut tidak diberi pelapis yang direkomendasikan sehingga berpotensi lepas ketika beroperasi.

Bila dibiarkan, baut sedikit-demi sedikit akan lepas dan berpeluang membocorkan oli. Di kasus tertentu, baut bisa keluar dari kepala silinder, membuat kinerja rocker arm tidak normal, lalu mengurangi tenaga mesin dan berpotensi menimbulkan kerusakan mesin parah.

Honda Amerika menyadari permasalah ini setelah menerima tiga klaim garansi yang seluruhnya karena masalah kebocoran oli, Juli lalu. Dua minggu kemudian, Honda Thailand mengidentifikasi bahwa sepeda motor di pasar luar negeri mendapatkan pelapisan yang tak sesuai pada baut rocker arm.

Lalu, Honda Amerika kembali menerima klaim pada Agustus dan menyebabkan perusahaan memerintahkan pengecekan ulang pada lineperakitan, untuk memastikan pemasangan baut sesuai dengan torsi (ukuran kekencangan) yang benar.

Ternyata permasalahan bukan pada perakitan, tetapi pada baut yang tidak dilapisi dengan benar dari pemasok. Hingga saat ini, Honda Amerika menerika 17 kasus yang sama meski tidak disertai dengan cedera atau kecelakaan akibat kerusakan tersebut. Honda akan mengganti baut poros rocker arm. Penggantian terdiri dari dua baut, dua washer dan O-ring 45mm.

0 comments:

Post a Comment